Pages

Refleksi Diri Kepada Ibu Pertiwi




MANIFESTO


Masih Indonesiakah kita
Setelah sekian banyak jatuh bangun
Setelah sekian banyak tertimpa dan tertempa
Setelah sekian banyak terbentur dan terbentuk
Masihkah kita meletakkan harapan di atas kekecewaan
Persatuan di atas perselisihan
Musyawarah di atas amarah
Kejujuran di atas kepentingan
Ataukah ke-Indonesia-an kita telah pudar
Dan hanya tinggal slogan dan gambar?




TIDAK!



Karena mulai kini nilai-nilai itu kita lahirkan kembali
Kita bunyikan dan kita bumikan
Menjadi jiwa dan raga setiap manusia Indonesia
Dari Sabang sampai Merauke
Kita akan melihat lebih banyak lagi
Senyum ramah dan tegur sapa
Gotong royong dan tolong menolong
Kesantunan bukan anjuran tapi kebiasaan
Kepedulian menjadi dorongan
Dari terbit hingga terbenamnya matahari
Kita melihat orang-orang berpeluh tanpa mengeluh
Berkeringat karena semangat
Kerja keras menjadi ibadah
Ketaatan menjadi kesadaran
Kejujuran menjadi bagian harga diri dan kehormatan
Wajah mereka adalah wajah Indonesia yang sejati
Keluhuran budi mereka adalah keluhuran Indonesia yang sesungguhnya
Hari ini kita gemakan, Ini Baru Indonesia!




--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kalo dulu pas S1 sering turun ke jalan buat menyuarakan apa yang diperjuangkan oleh mahasiswa. Namun, seiring bertambahnya usia idealisme gue bergeser kepada bagaimana diri gue bisa berjuang untuk mengharumkan Indonesia melalui passion gue.

Passion yang seperti apa sih ? 

Apapun passionnya yang terpenting bagi gue adalah bagaimana passion tersebut bisa memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar. Gue sendiri passionnya di bidang fotografi, namun tak membatasi diri untuk memberikan kontribusi secara sosial juga seperti melakukan kegiatan volunteerism dan juga membuat beberapa startup sosial seperti Sociotraveler, Voice For Changes dan Edu For Papua. Masing-masing mempunyai visi berbeda seperti Sociotraveler yang fokus pada bagaimana mengkampanyekan kegiatan traveling agar bisa memberikan dampak kepada tempat yang dikunjungi, bagaimana Voice For Changes bisa membantu teman-teman tuna netra untuk lebih mudah mengakses informasi melalui audiobooks, dan juga bagaimana menyalurkan buku untuk saudara kita di tanah Papua melalui Edu For Papua. 

Mungkin sepele bagi sebagian orang namun ini adalah satu refleksi diri gue sebagai salah satu pemuda negeri ini kepada Ibu Pertiwi. Selain itu juga sebagai bekal di akhirat nanti. 

Beruntung, pagi ini gue bisa re-charge kecintaan gue terhadap negeri ini. Meskipun terkesan agak lebay, gapapa ini yang bisa gue lakuin sampai detik ini. 

Melalui forum ini, gue mendapatkan kesempatan bisa ngobrol langsung dengan Bapak Maruf Cahyono selaku Sekjend MPR RI dan Bapak Andriyanto selaku Kepala Bagian Pengolahan Data dan Sitem Informasi Sekjend MPR RI. Acara sharing kali ini dipandu oleh Ibu Moderator kondang, Mbak Avy yang sangat lihay untuk membawa arah diskusi pagi ini. 


Di dalam forum ini, ada empat poin yang harus dikenal oleh pemuda terhadap negaranya saat ini, oleh MPR dikemas menjadi 4 Pilar MPR RI, yang intinya adalah:
- Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara 
- UUD Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara 
- NKRI Sebagai Bentuk Negara, dan
- Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara

Mungkin beberapa poin diatas sudah gue baca setiap hari senin di pelataran sekolah. Namun, ternyata azas dasar diatas bisa gue terapkan untuk diri gue sendiri. Minimal bagaimana mengobarkan api rasa cinta gue kepada negeri ini. 


Terima kasih untuk @mprgoid atas undangannya pagi ini. Berkesempatan ngobrol atas nama Local Guides Summit 17 Indonesia yang telah memberikan dampak digital dan sosial di negeri ini. Semoga menjadi elit-elit mahasiswa yang membumi.



Fahmi Adimara

I'm a Travel Photographer. I'm passionate at Mountaineering, Traveling, and Diving. This blog is a place where I want to share all the things I love.

2 comments:

  1. Awesome!! Lanjutkan brooo... sering sering bikin postingan kayak gini yaaaakk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Mengaminkan segala harapannya... dianesuryaman(dot)com

    ReplyDelete