Pages

[TIPS] Mempersiapkan Meetup Local Guides Photowalk/Geowalk



Haloo teman-teman Local Guides seantero Indonesia, karena banyak yang bertanya tentang persiapan bagaimana sih mempersiapkan acara Meetup Local Guides Photowalk/Geowalk di komunitas regional ? Apa aja yang perlu dilakukan oleh seorang host dan lain-lain. 

Lets share it guys!

Kali ini saya akan merangkum secara singkat beberapa Tips berdasarkan pengalaman saya selama meng-host hampir 50 event meetup baik Photowalk, Geowalk maupun Foodcrawl

Secara garis besar di Local Guides sendiri terdapat beberapa ide pertemuan: 
1. Geo Walk 
    Biasanya digunakan untuk genre foto di alam terbuka. Bisa ketika mengunjungi tempat wisata alam seperti Trek Pendakian Gunung, Wisata Danau, Wisata Air Panas dll
2. Photo Walk 
    Dilakukan di area sekitar kota. Bisa menggunakan Taman Kota, Rooftop Hotel / Mall. 
3. Food Crawl 
    Dilakukan khusus untuk menikmati sebuah makanan maupun minuman. Bisa dilakukan di beberapa rumah makan, restoran, maupun kafe lokal.
4. Mengedit Peta 
   Pertemuan ini berfokus berkumpul dengan membawa gadget (laptop, handphone, maupun tablet) untuk tujuan memperbarui daftar bisnis lokal dengan menggunakan fitur "Tambahkan Tempat" dan "Sarankan sebuah edit".
5. Others 
   Biasanya digunakan untuk beberapa event diluar 3 jenis event diatas, seperti kegiatan sosial seperti volunteerism activity.

Oke langsung bahas aja yah biar ga terlalu lama. Kita sebagai host/panitia harus memperhatikan beberapa kebutuhan dibawah ini :

Pre Event Meet-up

1. Survey Tempat 
    Lakukan survey tempat terlebih dahulu, pastikan tempat yang akan digunakan tidak ada acara/event yang bersamaan. Juga koordinasi dengan berbagai pihak yang ada disekitar untuk keberlangsungan meet-up.

2. Rencanakan Rute
    Sambil melakukan survey temap, ada baiknya untuk merencanakan rute untuk photowalk ataupun geowalk. Tujuannya adalah supaya host/panitia bisa mengetahui secara langsung kendala ataupun kondisi ketika akan diadakan meetup.

3. Tentukan Tanggal
    Setelah beres survey dan balik ke rumah, tentukan tanggal yang tepat untuk diadakannya meet-up

4. Perkirakan Cuaca
    Lihat kondisi cuaca seminggu ini di area meet-up. Bisa langsung memprediksi cuaca di area sekitar cukup dengan mengetik "cuaca sekitar" di Google Search atau bagi Local Guides di Indonesia bisa melihat langsung ke website Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Indonesia.

5. Dress Untuk Acara
    Untuk keseruan acara meet-up, tentukan pakaian yang akan digunakan.

6. Promote Acara :
    A. Poster
         Bikin poster semenarik mungkin untuk mempromosikan acara meet-up. 
    B. Leaflet 
         Bikin juga leaflet untuk disebar ke berbagai sosial media.
    C. Media Sosial
        Upload di berbagai media sosial untuk mempromosikan acara meet-up. Gunakan kalimat persuasif untuk mendukung Poster dan Leaflet acara meet-up.
    D. Local Guides Meetup Calendar & Local Guides Connect
        Selain share di media sosial, jangan lupa untuk share juga di Local Guides Meetup Calendar & Local Guides Connect

7. Persiapkan Gear Yang Tepat
    Untuk kebutuhan foto yang bagus, bisa menggunakan beberapa gear maupun support gear yang tepat. Pilihlan antara analog, DSLR maupun mirrorless untuk kebutuhan hunting foto dan bawa juga baterai cadangan supaya ada backup power kamera. Support Gear yang cocok digunakan untuk Photowalk atau Geowalk adalah Filter Lensa dan Tripod. Bisa juga membawa steelwool atau kembang api agar foto landscape semakin menarik. Untuk keamanan gear jangan lupa untuk membawa tas kamera yang tepat dan juga rain cover bag untuk antisipasi hujan yang datang secara mendadak.


Untuk Host (Pembawa Acara) :  

1. Datang Lebih Awal
    Pastikan semuanya sudah siap, terutama tempat/venue untuk meet-up

2. Berdoa
    Mulailah dengan berdoa bersama sebelum meet-up berlangsung.

3. Memperkenalkan Diri
    Sambil berdoa diawal, untuk memulai runtutan kegiatan adabaiknya seorang host memfasilitasi perkenalan diantara para peserta yang ikut. Untuk mempermudah perkenalan antar peserta dan panitia, kita bisa memberikan Stickers dan Name Badges resmi dari website Local Guides

4. Jelaskan Aturan 
    Demi kenyamanan bersama, seorang host harus memjelaskan secara detil runtutan jadwal kegiatan meet-up serta aturan-aturan yang berlaku pada meet-up yang berlangsung dan juga aturan-aturan yang berlaku pada lingkungan sekitar. Dan jangan lupa menggunakan tagar #LocalGuides dan #LocalGuidesIndonesia

5. Ice Breaking
   Untuk memanaskan suasana meet-up, bisa dilakukan Ice Breaker terlebih dahulu. Kita bisa juga menggunakan Bingo Card resmi dari website Local Guides

6. Have Fun!


Pasca Event Meet-up

1. Apresiasi 
   Berikan ucapan apresiasi kepada semua peserta maupun panitia juga para pihak yang terlibat dalam event meet-up ini. 

2. Take Photo Together!
   Sangat penting! Abadikan semua kegiatan selama meet-up, gunakan tripod untuk mengabadikan foto keseruan bersama setelah acara.

3. Share Google Album 
    Gunakan fasilitas Google Album untuk menyimpan semua foto kegiatan acara dan setelah itu bagikan alamat link yang tersedia. Alamat link ini bisa kita share ke semua sosial media juga loh hehe

4. RECAP!
   Setelah semua selesai, ada baiknya kita sebagai host/panitia membagikan cerita selama event. Gunakan form Recap untuk memberitahu Local Guides Team. Dan share juga di Local Guides Connect!

Yah itulah tadi beberapa Tips dari berbagai pengalaman saya selama ini dan juga berbagai sumber termasuk dari sini untuk yang ingin mempersiapkan event Meet-up Local Guides. Selamat bersenang-senang kawan :)

Have you hosted or participated in any photowalks/geowalks ? Please share your experience and tips below.

Fahmi Adimara

I'm a Travel Photographer. I'm passionate at Mountaineering, Traveling, and Diving. This blog is a place where I want to share all the things I love.

3 comments:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah aku bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259 atau klik dibawah PESUGIHAN TAMPA TUMBAL .

    ReplyDelete
  2. 082231562589 jasa teknik mengatakan "info yg bagus"
    jasa teknik
    service dan pasang berbagai kebutuhan anda seperti :ac, cctv, pabx, alarm, data dll
    hubungi 0822 3156 2589





    1. CCTV yg bs dipantau dg hp, laptop, tv klik www.jasacctvturen.blogspot.co.id
    2. INSTALASI LISTRIK, klik www.kelistrikann.blogspot.co.id
    3. PABX TELEPON INTERKOM, klik www.jasapabxtelephone.blogspot.co.id
    4. AC pendingin udara, klik www.acturen.blogspot.co.id
    5. Alarm maling dan alarm kebakaran,
    6. Nursecall atau bel pemanggil perawat, klik https://nursecallsystemanalog.blogspot.com
    7. Peralatan elektronik, tv, kulkas, dispenser dll
    8. Sound system tata letak suara gedung,
    9. Perancangan alat elektronik,

    .
    .
    Pasang ac. Cctv. Setting. Freon. Instalasi. Kontraktor. Jasa. Rumah. Kabel. Teknisi listrik. Rusak. Setting pabx. 082231562589. Madiun. Nganjuk. Malang. Blitar. Tulungagung. Turen. Jombang. ac tidak dingin , servis cctv di malang, tukang cctv,cctv, 082231562589, harga cctv , dvr tidak bisa merekam, jasa cctv di malang , cctv di gondanglegi ,. cctv di turen,beli cctv dimana , cctv mati, pasang cctv, telepon rusak,pbx ,kediri,blitar, pabx , interkom mati , setting pabx di kediri , cctv di kediri, nganjuk , madiun , cctv rusak , dengan , di , pabx , ngadiluwih , pare , dampit , rumah aman , turen , kepanjen , 082231562589, rejoso , kepanjen , ac rusak , ac dengung , cctv mati , telepon tidak bunyi , tulungagung , malang, madiun , jombang , tidak bisa online , cctv indoor , nurse call lokal, commax, aiphone, panasonic, 082231562589,harga murah , cctv indoor, cctv di turen , servis cctv di malang ,
    rusak ? hub kami., cctv di nganjuk, jual cctv di turen, cctv murah di nganjuk, cctv rusak, cctv tidak bisa onlen, ac, 082231562589 jasa cctv di kepanjen, pengaman rumah, alarm rumah, cctv yang murah, rekaman cctv, bisa dilihat dg hape, cctv mati, cctv di nganjuk, pabx, 082231562589, jasa cctv di kediri, cctv di tulungagung,dingin, ac tambah freon, r22, ac mati hidup, pabx rusak, telepon mati, ada kerusakan, ac di turen, ac di malang,nurse call, 082231562589, code red, code blue, paket cctv, kota kediri, kota malang, area blitar, area malang, area kediri, kota kediri, kota malang, kota malang, malang cctv, malang cctv, cctv di malang selatan, cctv dampit jasa ac di malang kota, tambah freon ac, ac tidak dingin,082331562589,di turen, tukang service di turen, service di dampit, cctv dampit, cctv rumah, pengaman rumah, alarm kebakaran, 082231562589, terekam cctv, perekam cctv, mesin cctv rusak, cctv tidak tampil, cctv infrared. di malang, cctv di malang, cctv malang raya, cctv untuk malang, cctv di malang, cctv malang raya, di malang, cctv malang, cctv dampit, cctv di dampit, cctv di bululawang, cctv kepanjen,cctv dipasang, cctv murah, cctv rumah, cctv internet, cctv malang, cctv wlingi,082231562589, cctv mati, jual cctv di malang, jual cctv, toko cctv malang, ahli cctv, cctv malang, cctv malang raya, cctv cctv di dampit, cctv pabrik, cctv rusak, jasa perbaikan cctv di malang, jasa perbaikan cctv, 082231562589, madiun, untuk nganjuk, telepon rusak, interkom mati, telepon tdk bisa bunyi,kerusakan cctv, dvr mati, dvr bunyi, kabel cctv, jasa perbaikan cctv, kabel cctv, cctv untuk rumah, 082231562589, instalasi listrik resmi, listrik konslet, mati, ac tidak mau hidup, ac cuma berkedip, 082231562589, kenapa, sebab, ac turen, servis ac di blitar murah, cctv malang, cctv di malang, cctv infrared, cctv ahd, 082231562589, cctv rusak, alarm maling,alarm maling malang, alarm kebakaran, alarm kebakaran, nurse call, alat pemanggil suster, alat pemanggil pelayan, pasien, 082231562589, alat pemanggil perawat,cctv di kepanjen, cctv kepanjen, pabx kediri, pabx di pare, pabx di malang, pabx di nganjuk, pabx kota, cctv di kediri, 082231562589,cctv kediri,cctv di dampit, cctv di rejoso, kulkas,listrik,

    .
    .
    .

    HAPUS komentar
    .
    .
    .
    .

    ReplyDelete
  3. keren ,terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete