Pages

[TIPS] Bagaimana Gabung Local Guides di Regional ?



Haloo teman-teman, setelah istirahat sejenak dengan rutinitas sehari-hari, kali ini saya akan sharing sedikit, tentang bagaimana cara bergabung di komunitas "Local Guides Indonesia" di regional terdekat kalian.

Akhir-akhir ini, saya mendapatkan beberapa pertanyaan dari teman-teman "Local Guides", khususnya mereka yang baru mengikuti program "Local Guides". Ada sebuah pertanyaan, bagaimana sih cara bergabung Local Guides di tingkat regional?

Tenyata tidak sedikit dari teman-teman di luar sana, yang masih kebingungan cara bergabung dengan komunitas Local Guides di regionalnya. Dibawah ini, saya akan paparkan caranya menurut versi saya.

Let's Goooooo!

1. Pertama, kita harus memiliki akun aplikasi Google Maps dan akun Local Guides, daftar disini.
2. Yang kedua, kita bisa berkontribusi secara maksimal dan profesional tanpa melakukan spam di semua tempat di Google Maps. Dibawah ini, adalah poin yang saya dapatkan selama 2 tahun berkontribusi di Google Maps. Saya lebih menyukai untuk me-review dan menambahkan tempat wisata di Indonesia. Harapan terbesar dengan kontribusi saya ini, bisa meningkatkan dan memperluas promosi destinasi wisata di Indonesia.



3. Selanjutnya, keikutsertaan ini, dapat menambah semangat berkontribusi dalam rangka menolong orang lain untuk menemukan tujuan destinasinya dan menambah pertemanan serta networking secara nyata. Kita juga bisa bergabung pada komunitas Local Guides regional di Seluruh Indonesia. List komunitas bisa dilihat disini.


Bagaimana caranya ? 

4. Selanjutnya, setelah melihat dan memahami peta melalui link diatas, kita dapat mencari Local Guide regional komunitas dituju. Misalnya saja, ketika kita ingin mencari komunitas Local Guides Surabaya, kita bisa langsung dengan memperbesar peta tersebut. 


Atau kita bisa menggunakan fasilitas dengan menelusuri di menu bagian sisi kiri, cukup klik simbol pencarian dan masukkan kata kunci nama kota yang dituju.


5. Apabila tidak ditemukan komunitas regional Local Guides yang kita tuju, berarti hal tersebut menandakan bahwa komunitas yang kita cari belum di-support atau terdaftar oleh tim Local Guides (moderatornya mendapatkan training). Solusinya bagaiamana ? Masa kita ga bisa gabung di regional kita sendiri?

Tetap berpikir positif, kita bisa mencari langsung di platform Google +, di bagian pencarian. Kita juga bisa mencari dengan nama komunitas Local Guides kota yang dituju, seperti di bawah ini :


Selanjutnya setelah menemukannya, kita bisa bergabung kedalam komunitas tersebut. Sebagai contohnya, kali ini saya mencari komunitas Sidoarjo Local Guides 



6. SELAMAT! itulah beberapa tips dari saya bagaimana cara bergabung di komunitas regional Local Guides di Indonesia. Apabila komunitas yang kita ikuti belum terdaftar/di-support oleh team Local Guides pusat, maka komunitas tersebut bisa kita daftarkan ke Local Guides pusat untuk mendapatkan online training, klik disini (persyaratan membuat komunitas bisa dilihat disini)

#LocalGuides #LocalGuidesIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia

Fahmi Adimara

I'm a Travel Photographer. I'm passionate at Mountaineering, Traveling, and Diving. This blog is a place where I want to share all the things I love.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah aku bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259 atau klik dibawah PESUGIHAN TAMPA TUMBAL .

      Delete
  2. Apakah sudah ada komunitas local guide di jogja? Terima kasih

    ReplyDelete