Pages

Sunrise Epic B29 Lumajang




There's always a story. The sun coming up every day is a story.

Sebelum memulai aktivitas hunting sunrise, kami ternyata sudah mendarat di Desa Argosari Lumajang, tak terasa waktu itu telah menunjukkan pukul 5 sore. Kedatangan kami bertepatan dengan acara khitan massal desa. Acara tersebut sangat ditunggu warga, terlihat para pemuda sekitar dengan sangat antusias ikut berperan aktif dan berpartisipasi selama kegiatan berlangsung.

Tujuan kami disini, akan mengeksplor Wisata Puncak Gunung B29 yang berada di Desa Argosari Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Area B29 ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru. Wisata Puncak Gunung B29 sangat masyhur dengan istilah “Negeri Di Atas Awan” karena kita dapat melihat keindahan awan yang terlihat seolah ada kehidupan diatas awan.

Musik Lokal

Jeep sebagai sarana transportasi utama

Simbol Ikat Suku Tengger
Bagi masyarakat lokal, Suku Tengger, sarung yang mereka kenakan dalam melakukan aktifitas sehari-hari bukan tidak sekadar sebagai pakaian pelengkap dalam berpakaian, atau pun sebagai pelindung dari dinginnya udara, baik ketika sedang berladang atau melakukan aktifitas lainnya. Melainkan fungsi sarung bagi masyarakat Tengger juga ternyata sebagai simbol identitas dalam kehidupan sosial mereka. Hal itu tampak pada letak simpul atau ikatan pada sarung kain terutama bagi seorang wanita.
Ketika seorang wanita menggunakan sarung, letak dari simpulnya berada di pundak kanan, yang berarti wanita tersebut sudah ada pasangan, dipinang atau pun sudah memiliki suami. Apabila simpul berada di tengah atau tepat di antara tengah leher, mempunyai arti bahwasanya wanita tersebut sudah berkeluarga. Nah, jikalau simpul terletak di pundak kiri, hal tersebut menunjukkan seorang wanita telah bercerai. Lalu, apabila terlihat simpul berada tepat di belakang leher, mengindikasikan kalau wanita tersebut masih gadis atau pun lajang.

Kuda Tari Suku Tengger
Kentang Tengger Paling Enak Sejagat

Setelah puas berkeliling desa untuk mengamati beberapa kegiatan kearifan lokal, kami akhirya memutuskan untuk berisitirahat sejenak di homestay. Tak lama beberapa jam kemudian, kami akhirnya dapat menikmati makanan kentang rebus, khas Suku tengger yang rasanya gurih dan mantap!

Setelah makan malam, 

Kala itu, kami dikagetkan bunyi keras dari alarm tepat jam 4 subuh. Beberapa dari kami, ada yang cuci muka dan beberapa ada yang mandi untuk menetralisasi suhu yang dingin. 

Sebelumnya, kami dikasih tag dengan nomor ojek official dari Pok darwis Desa Argosari, Lumajang. Perjalanan dari desa menuju B29 menggunakan ojek, membutuhkan waktu berkisar kurang lebih 30 menit. Durasi ini lebih cepat, dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu ketika kunjungan pertama kami ke B29. Bahagia sekaligus merasa bangga, terhadap masyarakat dan Pemerintah Daerah  Kabupaten Lumajang secara serius meningkatkan dan membangun fasilitas jalan akses, rest area B29, dan area puncak B29. 

Milky Way (Tak Sempurna) Puncak B29

Sunrise Berlatar Gunung Raung, Gunung Argopuro dan Gunung Lemongan
Tent Ground B29

Sunrise B29
Tidak kalah dengan puncak-puncak gunung lainnya, tempat ini pun memiliki keindahan pemandangan yang menakjubkan dengan dimulai saat matahari terbit yang indah di pagi hari. Para petualang yang suka dengan kegiatan pendakian, dapat menikmati dua panorama sang surya di sore hari dan pagi hari. Sangat sempurna!

Bromo View From B29
Dari puncak Gunung B29 ini, kami dapat melihat indahnya hamparan lautan awan putih serta kami bisa menikmati sensasi, seperti sedang berada diatas awan bahkan benar-benar di atas awan bak dongeng negeri diatas awan.

Bromo Mountain 

Cemoro Lawang View From B29
Rest Area B29
Puncak B29
Sebenarnya kami masih belum puas, dengan pemandangan yang ditawarkan Puncak Gunung B29, Disebelah B29 masih ada Puncak yang bernama B30. Dari atas puncak B30, juga sama-sama menawarkan pemandangan Gunung Bromo, Gunung Semeru, dan sekitarnya. Namun, dengan sudut pandang yang berbeda. Dari puncak B30 yang berada di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut bisa lebih puas memandangi area Gunung Bromo, seperti puncak Gunung Bromo, Gunung Batok, sampai Desa Cemoro Lawang yang jadi akses masuk ke lokasi wisata. Namun, memang bukan perjalanan yang mudah untuk sampai ke kedua puncak tersebut, baik B29 maupun B30.

Harapan kedepannya, semakin banyak pengunjung yang berkunjung ke tempat ini, karena B29 tempat yang sungguh menakjubkan. Sebelum meninggalkan tempat yang epic ini, kami memaksimalkan kamera dan gadget untuk membuat Photosphere landscape B29 dan meng-upload-nya ke Google Maps.

Photosphere 360 realtime bisa klik disini



#PesonaLumajang #PesonaJember #PesonaIndonesia #LocalGuides #LocalGuidesIndonesia




Fahmi Adimara

I'm a Travel Photographer. I'm passionate at Mountaineering, Traveling, and Diving. This blog is a place where I want to share all the things I love.

No comments:

Post a Comment