Pages

Menilik Pesona Keindahan Ranu Klakah


Selepas berkeliling Lumajang dalam beberapi hari, kami melanjutkan tujuan perjalanan selanjutnya menuju salah satu birunya danau segitiga di Lumajang yang menyejukkan mata, yaitu Ranu Klakah.

Danau ini merupakan danau dari Kawasan Segitiga Ranu yang terletak di Kecamatan Klakah dan Ranuyoso, terdiri dari Ranu pakis, Ranu klakah, dan Ranu Bedali. Ranu Klakah memiliki keistimewaan tersendiri bagi masyarakat, karena Ranu Klakah mempunyai air yang jernih serta mampu memancarkan keindahan alam yang sulit terlukiskan dengan kata-kata dan ditambah dengan udara yang sejuk dan suasana yang masih alami.

Letak Ranu Klakah kurang lebih sekitar 10 km di sebelah utara kota Lumajang. Danau ini berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut, dengan luas 22 hektare dan kedalaman 28 meter yang dilatar belakangi gunung Lamongan dengan ketinggian sekitar 1.668 meter dari permukaan laut, serta diselimuti oleh udara yang sejuk nan segar. Ranu Klakah oleh masyarakat setempat dimanfaatkan untuk penyokong roda perekonomian, seperti sebagai tempat budidaya ikan mujair dan ikan nila.
Hasil perkebunan masyarakat juga menghasilkan beraneka ragam buah-buahan, salah satu khasnya buah nangka. Komoditas Klakah pun juga dijual sepanjang jalan raya menjadi daya tarik tersendiri bagi obyek wisata ini.

Berbagai aktivitas masyarakat mudah terlihat di sekitar kawasan Ranu Klakah, yaitu kegiatan para pemancing dan para penjaring. Mereka banyak terlihat ketika pagi hari dan menjelang sore hari, namun kadang juga saat siang hari sebagian dari mereka sudah tiba di lokasi.

Nelayan Ranu Klakah
Fasilitas yang disediakan pengelola di Ranu Klakah ini, antara lain area parkir, pemancingan, penginapan, dan perahu motor yang dapat disewa untuk mengarungi danau. Ada juga tempat makan yang menyediakan makanan khas masyarakat lokal, serta ada perahu bebek yang dapat disewa pula dengan tarif yang ekonomis sebesar Rp 10.000 per orang.

View Gunung Lemongan
View Gunung Lemongan
Harapan terbesar kedepannya, semakin banyak pelancong dan traveller yang berkunjung dan singgah ke tempat yang mengagumkan ini.



#PesonaLumajang #PesonaJember #PesonaIndonesia #LocalGuides #LocalGuidesIndonesia




Fahmi Adimara

I'm a Travel Photographer. I'm passionate at Mountaineering, Traveling, and Diving. This blog is a place where I want to share all the things I love.

No comments:

Post a Comment