Pages

Thank You Google Local Guides


Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah - Pramoedya Ananta Toer, House of Glass

Jadi pagi ini rumah saya di ketok sama Pak Pos dan dikasihlah sebuah paketan dari Google Local Guides Head Quarter New York. Isinya simple banget cuman kartu ucapan "Thank you for being Community Moderator!" dan beberapa sticker Local Guides. 

Jadiiii ceritanya jadi Local Guides Community Moderator for Indonesia gara-gara saya main Google Maps dan berkontribusi di aplikasi online tersebut. Keranjingan jadi "Guide" di Local Guides akhirnya saya punya ide untuk mengembangkan komunitas di daerah saya, tepatnya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Beberapa bulan mempersiapkan segala persyaratan dan mulailah saya mengembangkan di wilayah saya sendiri. Dulu yang terverifikasi pertama kali adalah Bali Local Guides dan kedua adalah Sidoarjo Local Guides.

Seiring berjalannya waktu Kota sebelah, Kota Surabaya akhirnya terverifikasi juga diikuti dengan beberapa kota besar lainnya. Seru lah pokoknya ketemu banyak teman baru dan bisa berbagi cerita bermacam-macam.

Local Guides is a global community of explorers sharing their discoveries on Google Maps. Help others find the best spots in town, make new friends, and unlock exclusive benefits along the way. It’s all about that warm feeling you get from helping others discover new, enriching experiences. That, and the benefits. Every place you improve on Google Maps gets you closer to unlocking something new—from early access to new products to exclusive contests and events.

Google saat ini menginginkan aplikasi Google Maps mereka menjadi aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari suatu tempat dan juga mampu memberikan review dari tempat tersebut. Dan untuk melakukan hal tersebut, Google ingin mengajak lebih banyak orang untuk berkontribusi di dalam review untuk Google Maps-nya dengan cara memberikan hadiahi bagi mereka. Pengguna dapat mendaftarkan diri untuk menjadi “Local Guide” dan nantinya Anda akan bisa mendapatkan poin.

Dan setiap Anda melakukan suatu hal tertentu, maka Anda akan diberikan 1 poin. Dan beberapa tindakan tersebut diantaranya seperti: 
– upload foto 
– memposting review 
– menambahkan tempat baru yang belum ada di Google Maps 
– memperbaiki informasi yang salah seperti nomor telepon atau nama yang salah eja 
– menjawab suatu pertanyaan

Google juga memungkinkan para Local Guides ini untuk membawa masyarakat lokal dan berdiskusi dengan masyarakat lainnya untuk membagikan hal-hal yang mereka cintai. Bahkan Google juga memberikan kalender khusus yang berisi daftar sesi Hangout untuk pelatihan dan juga meetup.

Ada 5 level poin dengan hadiah yang berbeda untuk para Local Guide ini: 
– 0-4 poin, Anda akan dapat masuk ke dalam hadiah suatu perangkat dari negara pilihan 
– 5-49 poin, Anda bisa mendapatkan akses awal untuk produk dan fitur baru Google 
– 50-199 poin, Anda akan mendapatkan lencana dan Google Maps akan mengakui Anda sebagai Local Guide resmi 
– 200-499 poin, Anda akan mendapatkan upgrade penyimpanan Google Drive gratis sebesar 1 TB 
– 500+ poin, akan membuat Anda memenuhi syarat untuk menghadiri berbagai acara Local Guide yang disponsori Google serta kunjungan ke Google Campus.

Google bahkan akan memberikan Local Guide berupa sumber daya serta tips untuk menjadi host untuk berbagai acara. Google benar-benar ingin memberikan hadiah ini kepada masyarakat dimanapun mereka berada, dan sekaligus dapat membantu usaha kecil mendapatkan lebih banyak review dari para pelanggannya.

Saya belum berkesempatan untuk berkunjung ke Google Head Quarter Campus, tahun ini Google Local Guides Community Moderator Indonesia ialah Pak Harly Umboh yang mewakili kami untuk belajar banyak di Google Campus.

Nah gitu ajaa yah penjelasan serta cerita singkat ini. Sampai jumpa lagi. Thak you Google and Local Guides team!







Fahmi Adimara

I'm a Travel Photographer. I'm passionate at Mountaineering, Traveling, and Diving. This blog is a place where I want to share all the things I love.

19 comments:

  1. Wah aku baru tau soal ini, sukses terus fahmi

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget sampe bisa jadi moderator :))

    ReplyDelete
  3. Halo bang, adakah tips dan trik ngadain event offline Local Guides ?
    pengen ngadain juga di Jember

    ReplyDelete
  4. Mas malang punha komunitas local guide juga gak mas? Sharing2 mas mengenai local guides

    ReplyDelete
  5. Siap menyusul kesuksesan mu mas bro...

    ReplyDelete
  6. Butuh di-update nih Mas, disesuaikan dengan aturan yang baru 😄

    ReplyDelete
  7. congrats broo 🤙🤙 ane sampe sekarang baru cuma di kasih voucher2 doang nih belom bingkisan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah aku bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259 atau klik dibawah PESUGIHAN TAMPA TUMBAL .

      Delete
  8. Boleh tanya donk itu beneran bisa dapet hadiah2 kaya gitu bro, saya baru dapet email dari google guide, dan ternyata udah dapet 23 point

    ReplyDelete
  9. Idealnya review pakai Bahasa atau English, bang?

    ReplyDelete
  10. Saya juga ikutan local guide om, asik emang ikut gabung dengan google. Met kenal yah

    ReplyDelete
  11. saya juga ikut local guide google maps, menyenangkan . salam kenal yach

    ReplyDelete
  12. Salam
    Saya juga newbi di locak guide. Ada beberapa point yang mau saya tanyakan
    1. Bagaimana caranya memperbaiki batas administrasi yang salah.
    2. Saya mempunyai peta administrasi skala 1::25.000 yang bersumber dari Badan Informasi dan Geospasial. Bagaimana caranya saya membagi peta saya tersebut ke google local guide.
    Thanks.

    ReplyDelete
  13. Saya ng imput tempat tp ko g d setujui knpa ya om?

    ReplyDelete
  14. Sore Bang,saya juga baru jadi local guide,sekitar 4 bulanan,sudah di level 5 dg poin 600 lebih,baru saja dpt voucher diskon airy sebesar 150 rb,ada advis dari Abang agar saya bisa dptkan benefit yg maksimal? Sukses untuk Abang ya!

    ReplyDelete
  15. Bang saya sudah sampai level 5, tapi belum mendapatkan hadiah apapun dari google, minta pendapatnya bang??

    ReplyDelete